Kontribusi

Balairungpress.com menerima kontribusi berupa artikel yang membahas tentang berbagai macam topik. Berikut syarat dan ketentuan pengiriman naskahnya:

  • Artikel yang dapat dikirimkan kontributor adalah rubrik Opini, Kajian, Sastra (Cerpen dan Puisi), dan Resensi (Film dan Buku).
  • Kontributor wajib melampirkan identitas (nama lengkap, domisili, nomor kontak, akun media sosial) dan atribusi (profil singkat) di badan surel.
  • Pemberitahuan diterima atau tidaknya tulisan untuk dimuat akan dibalas paling lambat dua minggu setelah surel diterima. Kriteria penilaian naskah disesuaikan dengan karakteristik rubrik dan sistematika penulisan.
  • Bagi naskah yang diterima, naskah akan dilanjutkan untuk diedit sesuai dengan ketentuan yang berlaku di balairungpress.com.
  • Kontributor yang karyanya dimuat di balairungpress.com berhak mendapatkan sejumlah uang timbal balik.
  • Bentuk file yang disarankan adalah doc atau docx.
  • Kontributor dapat melampirkan artistik pendukung (foto maupun ilustrasi) yang sesuai dengan topik bahasan tulisan.
  • Naskah dan gambar pendukung dikirimkan ke balairungpress@gmail.com dengan subjek : Kontribusi_Nama Rubrik (Contoh: Kontribusi_Cerpen)

Berikut adalah ketentuan dan karakteristik dari masing-masing rubrik:

Rubrik ini mengulas berbagai realitas aktual baik seputar UGM maupun lingkup nasional. Rubrik ini adalah rubrik yang bersifat personal, sehingga muatan tulisan bersifat subjektif. Oleh karena itu, penulis bertanggung jawab penuh atas tulisan yang dibuatnya. Naskah ditulis dengan gaya reflektif kritis dan bertutur. Tulisan ini memuat 1000-1200 kata.

Kirim Opini Anda ke balairungpress@gmail.com

Rubrik Kajian merupakan rubrik yang berisikan hasil penelitian penulis mengenai suatu isu atau problem keilmuan yang biasa disebut sebagai original research atau primary research.  Dalam rubrik ini, penulis diharapkan mengajukan penemuan baru mengenai problem dalam keilmuan tertentu. Anatomi tulisan meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, metode penelitian dan pengolahan data, pembahasan dan analisis, serta kesimpulan. Bentuk tulisan berupa esai terstruktur yang memuat 2000-4000 kata.

Kirim artikel Anda ke balairungpress@gmail.com

Rubrik sastra terdiri dari puisi dan cerpen yang dengan tema bebas dan tidak menyinggung SARA. Gaya penulisan sepenuhnya diserahkan pada penulis. Tulisan ini memuat 1400–2500 kata.

Kirim karya Anda ke balairungpress@gmail.com

Rubrik ini merupakan resensi terhadap film yang merupakan karya sineas Indonesia maupun asing yang layak resensi. Unsur identitas film yang wajib disertakan dalam tulisan adalah judul, sutradara, pemain, durasi, tahun, dan genre. Film yang diresensi mengandung unsur yang dapat dikaji dengan perspektif keilmuan (jurnalisme, kesenian, gender, konflik antar kelompok, terorisme, korupsi dan sebagainya). Tulisan ini memuat 1200–1500 kata.

Kirim resensi Anda ke balairungpress@gmail.com

Buku yang diresensi dapat bersifat fiksi maupun nonfiksi. Dalam meresensi, buku dinilai berdasarkan isi, tampilan, gaya bahasa, alur logika, pandangan penulis, dan pandangan tokoh tertentu. Unsur identitas buku yang wajib disertakan dalam tulisan adalah judul, penulis, penerjemah, penerbit, tebal buku, waktu terbit. Artikel dapat memuat lebih dari satu buku sebagai referensi bila diperlukan. Tulisan ini memuat 1200–1500 kata.

Kirim resensi Anda ke balairungpress@gmail.com