Humanisme dalam Semarak Dies Natalis FK

Minggu (4/3) berlangsung kegiatan donor darah di Lobi Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) yang bertemakan Give Blood. Kegiatan donor darah tersebut diselenggarakan oleh FK UGM yang bekerja sama dengan pihak RS Sardjito dan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Ke-66 FK UGM.

Febi Hapsari, selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah kali ini sengaja digelar untuk menyemarakkan Dies Natalis. Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa tujuan utama acara donor darah tetaplah untuk kemanusiaan. “Selain untuk memperingati Dies Natalis, kegiatan ini juga bertujuan untuk  meningkatkan kesadaran masyarakat akan donor darah. Dengan diadakannya donor darah ini juga bisa menambah stok darah di PMI dan RS Sardjito” tutur mahasiswi jurusan Pendidikan Dokter angkatan 2010 itu.

Pentingnya donor darah juga diungkapkan oleh Betty, petugas teknis dari pihak RS Sardjito. Menurutnya dengan mendonorkan darah, kita dapat mengetahui kadar kesehatan tubuh kita. “Sebelum melakukan donor darah, pastilah melalui tahap pemeriksaan terlebih dahulu. Pada tahap pemeriksaan itulah, kita melakukan check kesehatan di mana segala macam penyakit bisa terdeteksi seperti HIV/AIDS, sifilis dan lainnya,” ujar Betty.

“Kegiatan Donor darah seperti ini sangat penting,” tutur Septian Rio, salah seorang pendonor. “Selain untuk mengetahui kondisi kesehatan pendonor, tentunya juga membantu orang lain yang sedang membutuhkan,” tambah mahasiswa Institut Manajemen Bandung itu. Rio yang kala itu sedang berkunjung ke Yogyakarta mengaku mengetahui kegiatan tersebut dari saudaranya.

Kegiatan donor darah di FK UGM sebenarnya sudah menjadi agenda rutin. Di FK, kegiatan donor darah dilaksanakan setiap 3-4 bulan sekali. Seperti yang diungkapkan Fitria Waffi Nur Aini, mahasiswi Kedokteran sekaligus ketua unit pelaksana donor darah dari TBMM, “Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap 3-4 bulan sekali, nama kegiatannya Panavena.”

 

Berbeda dengan sebelumnya, antusiasme peserta kegiatan donor darah Minggu pagi itu tidak seperti biasanya. Hal ini disebabkan karena sebelumnya telah diadakan kegiatan yang sama oleh pihak RS Sardjito. Faktor kedekatan rentang waktu tersebutlah yang menjadikan minimnya antusiasme peserta. “Jujur, baru hari ini kami mengetahui kalau pihak rumah sakit sudah mengadakan acara serupa, padahal kami sudah melakukan koordinasi dengan mereka sebelumnya” keluh Febi.

Selain kegiatan donor darah, di saat yang bersamaan juga berlangsung acara Family Gatheringalumni FK UGM. Dalam acara tersebut terdapat beberapa kegiatan seperti jalan sehat, panggung gembira dan aneka lomba. Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-66 FK UGM yang sudah berlangsung sejak 2 Februari hingga 11 Maret 2012 nanti. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Tirakatan, Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Olahraga, Paduan Suara, ASM (Annual Scientific Meeting), Temu Alumni, pegelaran Wayang Kulit dan Charity Night. Sementara itu, agenda yang saat ini tengah berlangsung adalah Pidato Dies pada tanggal 5 Maret. Sebagai penutup rangkaian acara Dies Natalis pada tanggal 11 Maret 2012 akan diadakan kegiatan Sepeda Gembira.

[Adriansyah Dhani D, Luthfi Fatchur Rochman]

 

Tulisan Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>