Portal Bermasalah, Picu Kerisauan Mahasiswa

Ribuan mahasiswa FISIPOL UGM dijadwalkan melakukan Pra-KRS pada 9-22 Juni 2011. Tapi, periode Pra-KRS tersebut tidak berjalan sesuai harapan. Portal akademik yang sedianya digunakan sebagai sarana justru mengalami masalah.

Sejak 9 Juni, portal sangat sulit dibuka. Terlebih lagi untuk mengisi KRS. Tidak sedikit mahasiswa yang waktunya tersita untuk mengikuti Pra-KRS. “Saya sampai harus begadang di depan laptop karena portal sulit dibuka,” tutur Arenata Yoshiari, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2010.

Masalah portal akademik juga dikeluhkan menjadi penyebab terbuangnya waktu untuk persiapan UAS yang dimulai 13 Juni mendatang. “Dua hari itu (9-10 Juni-red) seharusnya bisa dimanfaatkan untuk belajar atau mengerjakan take home UAS,” papar Eka Novi Astini, mahasiswa Komunikasi 2010. Novi sendiri sampai menghabiskan banyak waktu dan biaya yang dinilainya sia-sia. Berkali-kali mencoba, ia belum juga berhasil mengisi KRS.

Saat masuk 10 Juni malam, barulah portal akademik berhasil ditembus. Padahal, beberapa waktu sebelumnya diumumkan bahwa Pra-KRS ditunda sampai 9 Juli. “Kita jadi bertanya-tanya apa harus mengisi KRS lagi jika sudah berhasil. Karena data pra-KRS setahu saya sudah di-reset,” ungkap Melisa Ratna Kusuma, mahasiswa Hubungan Internasional 2010.

Hibati Wanda Rani Wafira, mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan 2009 juga mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap sistem Pra-KRS. “Kalau belum ada kepastian pra-KRS, lebih baik jangan diumumkan dulu,” sesalnya. Terlebih untuk jurusan yang mata kuliahnya berganti nama. Ia mengatakan tidak ada pemberitahuan sebelumnya tentang pergantian nama mata kuliah. Sosialisasinya malah baru akan diadakan besok siang.

Menjawab keluhan mahasiswa, Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, menyatakan bahwa server portal akademik mati. Pengunduran jadwal dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Ia menegaskan bahwa tidak ada niatan pihak akademik untuk membuat mahasiswa bingung. “Jadwal KRS sudah kami publikasikan di situs resmi Fisipol UGM. Ikuti prosedurnya saja. Mudah-mudahan set up server baru kita selesai tepat waktu,” harapnya. [Fitria Nurhayati, Ratih Wilda Oktafiana]

Tulisan Terkait:

  • Tidak Ada Tulisan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>